Solusi dan Penyebab HP Xiaomi Sering Mati & Restart Sendiri

Posted on

Solusi dan Penyebab HP Xiaomi Sering Mati & Restart Sendiri – Smartphone android xiaomi adalah salah satu brand yang sangat sering kita dengar bahkan sudah menjadi pilihan utama bagi anda yang ingin membeli ponsel android baru. Karena seperti yang telah kita ketahui bahwa ponsel yang satu ini memiliki spesifikasi yang bagus dan harga yang murah dibandingkan brand/merek lain yang spesifikasinya sejenis tapi harga yang cukup mahal.

Namun, ponsel xiaomi yang murah bukan berarti kualitasnya murahan, sebab admin sejak dahulu sampai sekarang masih setia dengan xiaomi. Mengapa? karena menurut saya smartphone ini cukup untuk memenuhi kebutuhan saya untuk sehari-hari baik itu untuk bermain game, sosial media sampai dengan multitasking. Nah namun, admin tidak akan membahas mengenai hal tersebut, melainkan untuk memberikan kalian solusi bagi yang mengalami hp xiaomi mati sendiri atau juga random reboot.

Penyebab HP Xiaomi Mati Sendiri

Hal ini biasanya disebabkan oleh banyak sekali faktor diantaranya adalah kalian menggunakan rom abal- abal (distributor) karena untuk rom ini sangat tidak dianjurkan sekali, sebab kita tidak akan pernah mendapatkan update dan juga jika pindah rom maka akan mengalami bootloop. Mengapa? karena rom ini banyak yang bilang bahwa rom terkutuk, sehingga bagi anda yang membeli ponsel xiaomi dengan garansi distributor lokal maka kemungkinan besar akan mendapatkan rom abal-abal.

Pada rom distributor juga biasanya disematkan ubl palsu dan apabila anda ingin melakukan flashing / pindah ke rom global maka itu tidak bisa dilakukan. Karena kita harus melakukan ubl resmi yang sebelumnya admin sudah bagikan tutorial bagaimana Cara Unlock Bootloader Xiaomi dengan sangat mudah dan cepat. Baiklah kembali lagi ke pembahasan utama kita yaitu bagaimana cara mengatasi hp xiaomi sering restart sendiri? nah marilah kita ketahui penyebab utamanya terlebih dahulu.

Penyebab HP Xiaomi Mati Sendiri

  1. Menggunakan ROM Abal – Abal (Distributor).
  2. Menggunakan ROM Versi Beta.
  3. Smartphone Terinfeksi Virus.
  4. Menginstall Custom ROM.
  5. Firmware Sudah Rusak.
  6. Banyak Aplikasi Terinstall
  7. Cache / File Sampah Menumpuk
  8. Dan Lainnya.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Sering Restart & Mati Sendiri

1. Uninstall Aplikasi & Game Yang Tidak di Gunakan

Smartphone android yang memiliki banyak aplikasi atau game yang tidak kita gunakan tentu saja akan menyebabkan ponsel yang kita gunakan akan menjadi lag bahkan bisa sampai restart / mati sendiri. Solusinya adalah kita bisa menghapus beberapa aplikasi yang menurut kita sudah tidak digunakan, hal ini tentu saja akan membuat penyimpanan pada android menjadi semakin lega dan performa smartphone akan kembali normal.

Jika anda memiliki ponsel android xiaomi dengan RAM/ROM 2/16 gb maka tentu saja harus wajib melakukan hal ini demi kenyamanan anda saat menggunakannya. Selain itu juga ada solusi lain yaitu harus mengupgrade hp menjadi 3/32 gb atau 4/64 gb supaya dapat beraktivitas dengan lancar.

Lihat Juga : Cara Cek Status Bootloader Xiaomi

2. Membersihkan Cache & File Sampah

Cache / File Sampah ini adalah salah satu penyebab hp xiaomi mati sendiri, karena terlalu banyaknya file sampah yang disimpan dan tidak pernah dihapus (bersihkan). Kenapa kita harus melakukan itu? tentu saja, sebab cache atau file sampah ini akan mengganggu kinerja ponsel, yang mengakibatkan sistem kinerja android semakin berkurang dari biasanya.

Solusinya adalah anda harus membersihkannya dengan rutin dan hapus file – file yang besar untuk meningkatkan kapasitar pada storage internal android. Kalian dapat membersihkan cache dengan menggunakan aplikasi bawaan xiaomi yang dengan nama “Keamanan” atau juga bisa menghapusnya secara manual pada bagian menu penyimpanan di pengaturan android.

3. Pindahkan File Besar ke MicroSD

Seperti yang kita ketahui juga bahwa setiap ponsel xiaomi memiliki tempat sim Hybird yang berarti kita bisa menggunakan dual sim tapi tanpa microsd atau single sim dan menggunakan micro sd. Tapi alangkah baiknya, apabila kalian suka menyimpan file yang besar seperti video dan lain sebagainya maka anda harus menggunakan sdcard sebagai tempat penyimpanan utamanya.

Storage internal yang penuh dapat menghambat kinerja dan performa smartphone, terutama pada CPU yang harus bekerja lebih keras. Untuk menghindari kejadian dan masalah pada hp xiaomi sering restart sendiri bahkan mati maka kita juga wajib untuk menjaganya dengan lebih baik lagi.

4. Pindah ROM ke Global Stable

Jika anda membeli smartphone android xiaomi dengan Garansi Distributor Lokal maka kemungkinan besar pasti menggunakan rom abal – abal. ROM ini adalah salah satu rom yang tidak direkomendasikan untuk kita gunakan karena tidak akan pernah mendapatkan update versi rom dan biasanya terdapat banyak bug & kekurangan.

Oleh sebab itu kita bisa pindah ke versi rom global stable, tapi dengan catatan anda harus melakukan test point lalu flash ke rom china, lakukan unlock bootloader dan flashing ke rom global. Kita tidak akan bisa langsung pindah dari rom abal – abal ke rom global stable dan harus mengikuti proses dan tahapan tersebut.

Lihat Juga : Cara Fitur NFC di Xiaomi Dengan Mudah

5. Update Versi ROM MIUI

Jika anda mengalami masalah hp xiaomi sering restart sendiri / random reboot maka bisa jadi firmware yang kalian gunakan ada yang rusak karena beberapa penyebab. Nah untuk mengatasi hal tersebut maka kita bisa mengupdate versi android menjadi lebih baru dan memang terbukti ampuh.

Namun, saya juga merekomendasikan untuk melakukan update rutin pada versi miui supaya keamanan sistem android menjadi lebih baik lagi. Namun, anda juga bisa melakukan cara diatas yang pindah rom dengan melakukan flashing menggunakan Mi Flash Tool supaya tidak ada file sampah yang tersisa.

6. Kembali ke Setelan Pabrik (Hard Reset)

Apabila anda tidak memiliki pc/laptop untuk menginstall ulang firmware maka dapat mencoba lakukan hard reset pada ponsel xiaomi kalian. Hard reset ini dapat membantu mengatasi xiaomi mati sendiri karena kerusakan yang terjadi pada sistem operasi android. Untuk caranya, anda dapat melakukannya dengan sangat mudah dan sederhana, bisa melalui Pengaturan – Setelan Lanjutan – Cadangkan & Setel Ulang dan ikuti langkah selanjutnya.

Tetapi, sebelum melakukan hard reset maka sangat disarankan untuk melakukan backup data terlebih dahulu, sebab jika kita melakukan hal tersebut maka akan menghapus semua data seperti musik, video, foto dan file penting lainnya yang tersimpan pada memori internal.

7. Flash Ulang Firmware

Cara terakhir untuk mengatasi xiaomi restart terus menerus atau sering mati sendiri tanpa sebab yang jelas maka dapat menginstall ulang firmware android yang kalian gunakan dengan menggunakan pc/laptop. Ini adalah cara yang paling ampuh untuk mengatasi berbagai macam masalah seperti judul artikel ini.

Untuk tutorial bagaimana cara flashing maka dapat melihatnya di google atau youtube, karena setiap ponsel pasti berbeda tutorial flashingnya.

Lihat Juga : Cara Menghubungkan HP Xiaomi ke TV LED

Demikian artikel yang dapat admin Mifanstutorial.com sampaikan untuk kalian semua tentang Cara Mengatasi HP Xiaomi Sering Restart / Mati Sendiri dengan sangat mudah dan sederhana. Semoga dapat memberikan banyak manfaat dan membantu bagi kalian semuanya, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *