Cara Unlock Bootloader Xiaomi Semua Tipe

Posted on

Cara Unlock Bootloader (UBL) Semua Tipe Xiaomi – Ponsel xiaomi memang sudah sangat banyak sekali penggunanya khususnya di Indonesia. Namun, pada smartphone android xiaomi ini masih terkunci bootloader pada saat kalian baru membelinya.

Nah, pada pembahasan ini admin Mifanstutorial.com akan membantu anda untuk tutorial cara ubl xiaomi semua tipe baik itu Redmi Series dan Mi Series. Untuk membuka kunci bootloader itu sendiri tidak seperti dulu yang harus request terlebih dahulu, tapi saat ini kita bisa langsung membukanya hanya dengan menghubungkan akun mi dan menunggu kurang lebih 3 – 14 hari supaya bisa dibuka.

Unlock Bootloader Xiaomi

Banyak sekali kegunaan dari unlock bootloader xiaomi itu sendiri, salah satunya adalah kita bisa melakukan flashing menggunakan mi flash tanpa harus masuk mode edl ataupun test point. Nah bagi kamu yang belum tau banyak fungsi dan kegunaan dari ubl maka bisa melihatnya dibawah ini.

Apa itu Unlock Bootloader Xiaomi?

Unlock Bootloader (UBL) adalah sebuah sistem yang diterapkan oleh pihak xiaomi untuk keamanan bagi smartphone android. Sebenarnya tidak hanya xiaomi saja yang memiliki bootloader, tetapi setiap ponsel android pasti memilikinya, karena setiap OS android bersifar Open Source dan memiliki jenis hardware yang berbeda-beda.

Sebab, setiap produsen android dan rata – rata dari OEM itu sendiri mengunci bootloader supaya penggunanya hanya menggunakan ROM yang mereka rancang. Oleh sebab itulah jika anda ingin menginstall Custom Rom, Install TWRP, Root dan lain sebagainya yang tidak diizinkan oleh pihak pengembang hampir tidak mungkin tidak bisa dilakukan jika ponsel dalam keadaan terkunci.

Apa Keuntungan dari UBL Xiaomi?

Nah untuk keuntungan yang akan kita dapatkan dari ubl xiaomi itu ada banyak sekali. Kita bisa melakukan flashing dengan pc tanpa harus masuk mode edl/test point, pasang twrp, root, menginstall cusrom dan juga dan juga menginstall mod/modul lainnya dengan mudah.

Lihat Juga : Kumpulan Tema PUBG Mobile Untuk Xiaomi MIUI 9 / 10

Sebagai seorang opreker, tentu saja sangat wajib sekali untuk membuka kunci bootloader tersebut. Karena ini adalah syarat yang paling utama bagi opreker, selain itu juga jika kita lupa password akun mi (mi cloud) maka dapat bypass dengan sangat mudah sekali.

Apa Kekurangan dari UBL Xiaomi?

Dibalik keuntungan yang kita dapat, tersimpan kekurangan yang akan kita terima jika membuka kunci bootloader tersebut. Salah satunya adalah kehilangan garansi resmi karena sudah di buka kunci bootloadernya. Selain itu juga keamanan android akan semakin berkurang karena pada dasarnya bootloader yang terkunci berguna untuk mengamankan ponsel kamu ketika hilang atau di curi oleh orang.

Apabila kalian hanya pengguna biasa yang tidak suka melakukan segala macam oprek seperti menginstall custom rom, root, pasang twrp dan lain sebagainya maka tidak perlu di ubl. Sebab ubl pada xiaomi ini diperuntukan untuk pengguna yang gemar dalam memodifikasi sistem operasi android dan lain sebagainya, serta membuka semua akses yang dilarang ketika masih terkunci.

Syarat Sebelum UBL Xiaomi :

  • Memiliki Akun Mi yang aktif (tidak lupa email, no hp dan password).
  • Smartphone android xiaomi redmi series atau mi series.
  • Menggunakan ROM Global atau China (tidak bisa di ROM Abal-Abal)
  • PC/Laptop Windows XP/7/8/10

Lihat Juga : Cara Fix Region atau Lokasi di ROM MIUI Global dan China Version Pada Xiaomi

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Semua Jenis dan Tipe

  • Silahkan kalian kunjungi dan login dengan akun mi yang sudah terdaftar di situs resmi https://en.miui.com/unlock/
  • Setelah login, maka selanjutnya kalian download file MiUnlock dari situs tersebut.
  • Kemudian setelah selesai mendownload, silahkan extrack file .zip dan buka aplikasi MiUnlock.exe pada folder hasil extrack dan login dengan akun mi yang sudah terdaftar.
  • Tidak lupa pada ponsel juga sudah login dengan akun mi yang sama seperti di miunlock.exe
  • Aktifkan menu Opsi Pengembang dengan cara masuk ke SetelanTentang Ponsel – dan ketuk sebanyak 5x pada bagian Versi MIUI.
  • Tautkan akun yang sudah di login pada Opsi Pengembang dibagian Mi Unlock Status dan klik Tambahkan Akun dan Perangkat.

Unlock Bootloader Xiaomi

  • Lalu aktifkan USB Debugging dan Buka Kunci OEM pada ponsel di menu Opsi Pengembang.
  • Lalu hubungkan smartphone ke pc/laptop menggunakan kabel usb.
  • Pada Mi Unlock yang sudah di buka, silahkan tekan tombol “Unlock” untuk memulainya.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses ubl selesai.
  • Setelah sukses maka akan muncul tulisan seperti gambar dibawah ini.

UBL Xiaomi

  • Jika kalian belum request maka hasilnya anda harus menunggu selama 3 – 14 hari (360 jam, 720 jam) random, maka
  • Selesai.

Lihat Juga : Download Screen Recorder MOD APK Xiaomi Support Suara Internal

Demikian artikel yang dapat admin Mifanstutorial.com sampaikan untuk kalian mengenai bagaiamana Cara Unlock Bootloader / UBL Xiaomi Semua Jenis dan Tipe dengan sangat mudah. Semoga dapat memberikan banyak manfaat dan membantu bagi anda semuanya, terima kasih.